Selamat datang di " Gokugen.Net " Selain kami menyajikan beberapa seputar informasi yang menarik lainnya,Kami juga menjual beberapa aneka ragam dan macam - macam produk kerajinan yang terbuat dari batu kayu fossil (Petrified Wood Art and Stone Wood Fossil) untuk bangku, meja, wastafel dan aneka ragam macam furniture atau kerajianan kayu fossil lainnya, dan masih banyak jenis dan ragam produk kami lainnya...Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami di mobile / Whatsapp +62812 100 444 53 via email andigokugen@gmail.com atau silahkan kunjungi kami pada kolom sektor " Kayu Fossil " untuk melihat beberapa contoh produk kami lainnya...."

Tuesday, August 2, 2016

Mengetahui Beberapa Faktor Penyebab Sakit Perut Dan Cara Mengobatinya


Sakit Perut

Kram Perut Karena Masuk Angin
Angin adalah hasil dari proses biologis pencernaan makanan dan minuman. Gejala yang akan dialami ketika orang masuk angin adalah bersendawa, kembung, dan perut merasa penuh. Beberapa makanan yang menyebabkan masuk angin adalah bawang bombai, brokoli, kol dan minuman bersoda. Makanan berserat tinggi juga bisa meningkatkan jumlah angin yang diproduksi.
Masuk angin adalah kondisi yang umum. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya kram perut dan juga kembung. Untuk mengatasi masuk angin, banyak sekali obat-obatan yang dijual bebas di apotek dan tidak memerlukan resep dokter, misalnya buscopan.

Sakit Perut Secara Mendadak dan Parah
Meski hampir semua sakit atau kram perut akan sembuh dengan sendirinya, tapi jika rasa sakit bagian perut yang dialami sangat menyiksa, segera temui dokter atau ke rumah sakit secepatnya. Bisa jadi ini adalah gejala penyakit yang serius. Jika benar, kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan yang tepat.



Sakit perut melilit datang tidak bisa dipastikan, terkadang hilang dan timbul begitu saja tanpa kita inginkan.  Kondisi perut kembung membuat kita tidak nyaman karena perut seperti terisi penuh dengan angin.  Gejala yang biasa dialami yaitu perut keras terasa kenyang, napas sesak diiringi dengan buang angin (kentut) dan bersendawa.

Disaat perut kita kembung angin yang berada didalam perut menimbulkan bunyi terkadang membuat rasa malu jika berada ditempat umum karena orang lain ikut mendengarkan konser perut.

Apa yang menyebabkan perut kita kembung?  Banyak faktor yang diantaranya adalah :

1.      Banyak angin yang masuk baik itu melalui mulut dan juga hidung
2.      Makan terburu-buru
3.      Menstruasi
4.      Alergi minum susu tertentu
5.      Berkembangnya bakteri yang berada pada usus kecil
6.      Sindrom iritasi usus besar
7.      Gangguan pada saluran pencernaan
8.      Badan terlalu gemuk

Kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari sering dilakukan bisa mengakibatkan perut kembung misalnya :

1.    Minum menggunakan sedotan, masuknya angin melalui sedotan juga berperan membuat kita banyak angin walaupun minum pakai sedotan berguna untuk mencegah gigi yang rusak karena minum es.
2.      Minum air yang bergas/soda
3.      Makan sayuran yang terkandung gas sperti kacang kering dan sayur kubis.
4.      Makan permen karet juga ikut membantu angin masuk

Sakit perut melilit ini biasanya disertai dengan diare ketika buang air besar kotoran (tinja) berlendir membuat kita sering keluar masuk wc memang sangat merepotkan jika tidak cepat diatasi. Yang harus diwaspadai jika gejalanya sudah mengkhawatirkan seperti pada saat buang air besar tahi (tinja) terdapat lendir, darah dan makanan yang kita makan tetap utuh/tidak hancur. Terkadang sakit perut ini membuat tubuh panas (demam)

Diare disebabkan oleh virus pada usus, untuk pengobatan anda dapat minum oralit dan minum banyak air putih. Cara tersebut cukup membantu untuk mencegah tubuh kekurangan cairan.
 


Mengobati sakit perut melilit mencret dan kembung secara alami

1.   Jika tenggorokan anda sakit karena  perut mual dan muntah segera siapkan secangkir air hangat yang telah dicampur dengan 1 sendok teh garam dapur.hal ini cukup membantu menghilangkan sakit pada tenggorokan.

2.   Ambil 1 sendok teh baking soda dilarutkan dalam segelas air hangat, reaksinya cukup cepat untuk menghilangkan mulas karena gangguan pencernaan. Kenapa bisa ampuh? Karena kandungan yang terdapat pada obat maag juga dimiliki baking soda.

3.  Minum air jahe tanpa gula dapat mengobati sakit perut sembelit karena terdapat kandungan anti inflamasi yang membantu pencernaan.  manfaat lainnya, jahe dapat membantu proses pencernaan dan juga meringankan nyeri pada  perut. 

4.      Daun pepermint yang dingin juga dapat meringankan nyeri pada perut dan bisa juga anda gunakan saat mengalami nyeri saat haid.

5.      Bunga chamomile dapat mengobati sakit perut, radang pada usus,. Biasanya juga di buat teh herbal.  sakit perut yang meradang juga dapat disembuhkan dengan bunga chamomile. Bahkan jika anda sulit untuk tidur baik karena insomnia atau karena sembeli pada perut yang tidak tertahankan. Bunga chamomile ini dapat anda jadikan sebagai obat tidur.

6.  Adas, mungkin anda tahu yang namanya minyak telon yang biasa di pakai untuk mengolesi perut bayi dan anak yang kembung. Salah satu bahan terpentingnya ternyata adas yang biasa kita temukan di dapur. cara memakainya tinggal anda kunyah sampai halus dan telan tanpa perlu dimasak untuk melancarkan saluran pencernaan atau perut kembung.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

No comments:

Post a Comment