Selamat datang di " Gokugen.Net " Selain kami menyajikan beberapa seputar informasi yang menarik lainnya,Kami juga menjual beberapa aneka ragam dan macam - macam produk kerajinan yang terbuat dari batu kayu fossil (Petrified Wood Art and Stone Wood Fossil) untuk bangku, meja, wastafel dan aneka ragam macam furniture atau kerajianan kayu fossil lainnya, dan masih banyak jenis dan ragam produk kami lainnya...Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami di mobile / Whatsapp +62812 100 444 53 via email andigokugen@gmail.com atau silahkan kunjungi kami pada kolom sektor " Kayu Fossil " untuk melihat beberapa contoh produk kami lainnya...."

Sunday, August 14, 2016

Mengenali Lebih Awal Beberapa Tanda - Tanda Gejala Penyakit Kolesterol


Ciri-ciri Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi
Banyak orang yang menganggap bahwa kolesterol merupakan salah satu yang menjadi musuh tubuh dan membahayakan. Permasalahan kolesterol sering dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti stroke dan juga penyakit jantung. Masalah kolesterol juga bisa muncul pada anak-anak namun pada umumnya masalah kolesterol berdampak pada usia menopause atau usia tua.




Apa Pengertian Kolesterol?
Hal pertama yang perlu diketahui yaitu pengertian dari kolesterol, kolesterol merupakan lemak yang berada dalam tubuh manusia dan diproduksi oleh organ hati. Ada dua jenis kolesterol yaitu LDL dan HDL. Masing-masing dari kolesterol ini berbeda LDL merupakan Low Density Lipoprotein atau kolesterol jahat yang mengakibatkan adanya pengendapan pada arteri yang dapat memicu penyakit jantung ataupun stroke. Sedangkan HDL atau High Density Lipoprotein adalah kolesterol baik yang tidak mengendap pada arteri dan jugab erfungsi untuk melindungi pembuluh darah dari adanya Aterosklerosis yaitu terbentuknya plak pada bagian dinding pembuluh darah dan melindungi jantung dari serangan penyakit jantung koroner.

Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi
Dalam tubuh manusia kolesterol tersebar dalam bagian-bagian tubuh tertentu seperti kulit otot, saraf,otak,dan juga jantung. Pada keadaan yang normal seseorang mempunyai kadar kolesterol 160-200 mg dan dapat dikatakan dalam fase yang berbahaya apabila melebihi 240 mg yang dapat mengakibatkan stroke.

Total Kolesterol
< 200 mg/dl—– – ideal
200-239 mg/dl— ambang batas resiko tinggi
240 > ————– risiko tinggi

Apa Saja Gejala Awal Penyakit Kolesterol Tinggi?

Beberapa gejala penyakit kolesterol tinggi yang nampak adalah adanya benjolan berwarna merah atau yang biasa disebut xanthomas yang biasanya disebabkan oleh adanya kolesterol tinggi. Pada beberapa orang ada juga yang merasakan kesemutan, rasa sakit pada sendi, pusing atau migraik yang sering kambuh. Namun bagaimanapun juga ternyata kolesterol tidak menimbulkan gejala yang spesifik pada kebanyakan kasus.


Berikut adalah beberapa tanda awal gejala penyakit kolestrol :


1. Sering Kesemutan pada Kaki dan Tangan
Biasanya orang yang memiliki kolesterol tinggi sering mengalami kesemutan pada kaki dan tangan. Rasa kesemutan ini terjadi karena aliran darah yang tidak mencukupi pada syarat kaki dan tangan. Biasanya rasa kesemutan ini terjadi ketika seseorang sedang duduk dalam waktu yang cukup lama atau aktivitas lain yang melibatkan kaki dan tangan. Apabila anda salah satu yang sering mengalami hal ini, anda perlu mewaspadai dan periksalah kadar kolesterol anda di rumah sakit atau dokter keluarga anda.

2. Cepat Pegal-Pegal di bagaian Tangan dan Kaki
Selain kesemutan kaki dan tangan pada pengidap kolesterol tinggi sering merasa pegal-pegal. Rasa pegal ini datang begitu saja meskipun tidak melakukan aktifitas yang berat atau membutuhkan tenaga yang cukup tinggi. Apabila hal ini sering terjadi pada anda makwa waspadai gejala kolesterol tinggi ini.

3. Tengkuk dan Pundak Menjadi Tidak Nyaman
Tanda-tanda kolesterol juga bisa dikenali apabila seseorang sering merasakan berat pada tengkuk tanpa sebab yang pasti. Tengkuk menjadi terasa berat meskipun tidak membawa beban, hal ini juga terjadi di pundak. Pundak akan terasa pegal dan mengakibatkan badan terasa tidak nayaman sama sekali

4. Sering Pusing
Gejala kolesterol selanjutnya adalah seringnya pusing pada bagian belakang kepala. Hal ini terjadi karena terjadinya penyempitan di pembuluh darah yang mengalirkan darah yang mengandung oksigen ke kepala. Bahaya yang timbul jika tidak segera diatasi adalah pecahnya pembuluh darah dan menyebabkan stroke.

5. Cepat Mengantuk
Orang yang sering mengantuk ditengarai memiliki kadar kolesterol yang tinggi, hal ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kadar trigliserida diatas 600 bahkan 700 mg. Kadar trigliserida yang aman itu antara 150 hingga 200 mg, jadi sudah terlampaui banyak sekali. Hal ini sungguh tidak baik untuk kesehatan dan menyebabkan penyempitan lemak jahat di pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak. Jika aliran darah ke otak terganggu maka asupan oksigen tidak mencukupi sehingga seseorang mudah merasa mengantuk dan malas untuk mengerjakan sesuatu.

6. Dada Sebelah Kiri Sering Nyeri
Nyeri pada dada sebelah ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah disekitar jantung. Jantung merupakan organ penting untu memompa darah untuk dialirkan keseluruh tubuh. Jika ada penyempitan disekitar jantung maka orang akan merasa seperti tertusuk dibagian dada sebelah kiri. Waspadai gejala kolesterol ini karena bisa menyebabkan gangguan jantung


Cara terbaik untuk melihat apakah terkena penyakit kolesterol tinggi atau tidak bisa memeriksakan darah ke dokter dengan tes darah di laboratorium. Karena kolesterol tinggi yang tidak terkontrol sangatlah berbahaya dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, stoke bahkan serangan jantung.

Beberapa cara apabila Anda terkena kolesterol tinggi dan ingin menurunkannya bisa mencoba beberapa tips berikut ini :

1.) Mengkonsumsi sayur-sayuran namun jangan dimasak dengan santan, untuk alternatif bisa dijadikan lalapan.
2.) Jika ingin minum susu, Minumlah susu sapi tanpa lemak.
3.) Jika ingin mengkonsumsi telur cukup konsumsi putih telurnya saja tanpa kuning telur.

Beberapa makanan yang harus dihindari apabila seseorang mengalami kolesterol tinggi, diantaranya :

1.) Goreng-gorengan, mentega
2.) Susu lemak tinggi, sosis atau keju,
3.) Gajih sapi, gajih kambing, dan daging sapi berlemak,
4.) Kepiting, kerang, udang, belut, siput memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Makanan yang dilarang untuk dimakan karena mengandung kolesterol yang sangat tinggi, sebagai berikut :

1.) Kuning telur,
2.) Cumi-cumi,
4.) Telur Puyuh,
3.) Otak sapi.

Diatas merupakan Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi. Selain dengan menerapkan pola makan yang baik dan teratur, menjaga kebugaran tubuh juga sangat penting seperti dengan melakukan olahraga secara teratur seperti olahraga lari, treadmil, aerobik yang dilakukan 3-5 kali dalam seminggu. Dengan melakukan olahraga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Untuk mengurangi kadar kolesterol juga harus menghindari merokok dan tidak mengkonsumsi minuman yang beralkohol.

Demikian beberapa tanda-tanda kolesterol dan gejala kolesterol yang sebaiknya anda waspadai. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

 *dari berbagai sumber


No comments:

Post a Comment