Selamat datang di " Gokugen.Net " Selain kami menyajikan beberapa seputar informasi yang menarik lainnya,Kami juga menjual beberapa aneka ragam dan macam - macam produk kerajinan yang terbuat dari batu kayu fossil (Petrified Wood Art and Stone Wood Fossil) untuk bangku, meja, wastafel dan aneka ragam macam furniture atau kerajianan kayu fossil lainnya, dan masih banyak jenis dan ragam produk kami lainnya...Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami di mobile / Whatsapp +62812 100 444 53 via email andigokugen@gmail.com atau silahkan kunjungi kami pada kolom sektor " Kayu Fossil " untuk melihat beberapa contoh produk kami lainnya...."

Friday, March 11, 2016

Resep Membuat Rujak Kangkung Khas Kuningan

Rujak Kangkung

Sebagaimana kita ketahui di bumi nusatara ini, ada ratusan bahkan ribuan macam ragam masakan nusantara salah satunya yang terdapat di kabupaten kuningan jawa barat yaitu " rujak kangkung " .

Biasanya kangkung yang kita masak di buat dengan menu sayur kangkung dengan cara ditumis atau disayur dengan kuah santan. Akan tetapi, kangkung kali ini akan kami jadikan makanan enak berupa rujak kangkung. Mungkin terdengarnya sedikit aneh, kangkung dapat dirujak..? Memang kenyataan yang ada seperti itu. Rujak kangkung adalah makanan tradisional yang khas dari Kuningan yang memang sudah terkenal dimana-mana.


Rujak Kangkung Dadakan

Makanan ini juga banyak digemari oleh semua orang. Selain rasanya yang enak, makanan ini memiliki cita rasa yang khas yaitu dari sambalnya yang dipadukan dengan terasi, mungkin itu salah satu sebab makanan ini menjadi semakin nikmat dan sangat menggoda bagi para penikmat pedas khususnya. Berikut merupakan resep untuk membuat rujak kangkung atau orang - orang kuningan sering menyebutnya dengan nama " Rujak kangkung dadakan. Dadakan berarti tiba - tiba dengan kata lain di sajikan dengan cepat. 


Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat rujak kangkung khas Kuningan :


Bahan Utama :
  • 250 gr kangkung segar ( disiangi )

Bahan sambal rujak :
  • 2 buah tomat merah ( dikukus )
  • 2 sendok makan asam jawa
  • 1 sendok makan terasi
  • 2 buah cabe merah besar ( dikukus )
  • 20 buah cabe rawit hijau ( dikukus )
  • gula merah secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • air secukupnya


Cara Membuat Rujak Kangkung :
  1. Kangkung dicuci dengan air sampai benar-benar bersih, tiriskan
  2. Kukus kangkung sampai matang dan lunak ( jangan terlalu lama )
  3. Campurkan semua bahan sambal menjadi satu kemudian diulek secara manual
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit supaya sambal tidak terlalu padat dan kental
  5. Ambil satu buah piring saji lalu tata kangkung yang sudah dikukus diatas piring saji
  6. Bagi yang suka toge boleh ditambahkan toge secukupnya tentunya toge yang sudah di cuci sampai bernar - benar bersih kemudian setelah itu toge dikukus ( jangan terlalu lama ) apabila sudah selesai mengkukus toge silahkan taburi toge tersebut di atas kangkung yang sudah di kukus.
  7. Tuangkan secara merata dengan sambal rujak secukupnya pada bagian atas kangkung dan toge.
  8. Rujak kangkung siap untuk disajikan.
Bagi anda yang tertarik ingin membuatnya, silahkan ikuti resep dan langkah-langkah diatas. Selamat mencoba Resep Membuat Rujak Kangkung Khas Kuningan dari kami. Sajikan bersama keluarga anda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua..... selamat mencoba.

Sumber : Google Image,Gokugen.net










No comments:

Post a Comment