Selamat datang di " Gokugen.Net " Selain kami menyajikan beberapa seputar informasi yang menarik lainnya,Kami juga menjual beberapa aneka ragam dan macam - macam produk kerajinan yang terbuat dari batu kayu fossil (Petrified Wood Art and Stone Wood Fossil) untuk bangku, meja, wastafel dan aneka ragam macam furniture atau kerajianan kayu fossil lainnya, dan masih banyak jenis dan ragam produk kami lainnya...Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami di mobile / Whatsapp +62812 100 444 53 via email andigokugen@gmail.com atau silahkan kunjungi kami pada kolom sektor " Kayu Fossil " untuk melihat beberapa contoh produk kami lainnya...."

Thursday, March 24, 2016

Mengenal Beberpa Istilah Di Smartphone


Smartphone


1. Memory Internal 
Memory Internal
Adalah Memory yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program.Fungsi dari memori utama sendiri adalah :

1. Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses.
2. Menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat sekunder.

2. Memory Eksternal
SD Card

Adalah memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data atau program. Dengan kata lain memory ini termasuk perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar memori utama. Memori eksternal mempunyai dua fungsi utama yaitu sebagai penyimpan permanen untuk membantu fungsi RAM dan yang untuk mendapatkan memori murah yang berkapasitas tinggi bagi penggunaan jangka panjang.

3. RAM ( Random Access Memory )

Ram
adalah sebuah perangkat keras pada komputer yang fungsinya menyimpan data sementara. RAM bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data data penting yang di butuhkan oleh prosesor secara cepat dan di proses menjadi informasi.


4. ROM – Read Only Memory 

Rom
Adalah tempat penyimpanan data (dalam bahasan ini file sistem) yang berbentuk Chip-IC. Jadi secara umum baik Stock ROM maupun Custom ROM bisa diartikan  sebuah file sistem yang berbentuk software-firmware yang letaknya di IC ROM perangkat (analogi fungsinya seperti IC BIOS pada Komputer-mengatur semua peripheral pada mainboard dengan menggunakan Kernel sebagai akses utama ) yang kemudian dimodifikasi sedemikian rupa agar lebih bisa apa saja sesuai keinginan, tentunya tetap berbasis versi firmware asli/Stock ROM dari perangkat keluaran pabrik atau vendor tersebut.


5. GPS atau Global Positioning System

GPS
Pengertian sederhana adalah salah satu sistem yang akan membantu kita untuk mengetahui posisi kita berada saat ini. GPS bekerja dengan menstransmisikan sinyal dari satelit ke perangkat GPS (handphone atau Blackberry yang dilengkapi teknologi GPS misalnya). Untuk memperoleh detil posisi yang seakurat mungkin, GPS sebaiknya digunakan di ruang terbuka Penggunaan GPS di dalam ruangan, hutan ataupun di tempat yang banyak gedung-gedung tinggi, akan membuat GPS bekerja kurang akurat.



6. Wi-Fi (Wirelles Fidelity)


WiFi adalah tekologi jarigan tanpa abel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi WiFi berada pada spectrum 2,3 GHz. Dengan menggunakan WiFi, kita dapat mengakses internet dengan cepat. WiFi mempunyai kemampuan akses internet hingga 11 Mbps atau lima kali lebih cepat dari akses internet menggunakan 3G. Karena menggunakan nirkabel, teknologi WiFi cocok dimanfaatkan pada lokasi atau runangan yang selalu diubah-ubah tampilannya.

7. Hotspot 


adalah suatu istilah bagi sebuah area dimana orang atau user bisa mengakses jaringan internet, asalkan menggunakan PC, laptop atau perangkat lainnya dengan fitur yang ada WiFi (Wireless Fidelity) sehingga dapat mengakses internet tanpa media kabel. Fungsi Hotspot yaitu dengan Hotspot kamu bisa melakukan koneksi internet seperti browsing, berkirim email, chatting transaksi bank, mendownload, sambil menunggu seseorang, hangout, maupun saat bertemu dengan rekan bisnis kamu dan lain-lain.


8. 3G (third generation) 

adalah teknologi generasi ke tiga yang mempunyai kecepatan tinggi dan tidak membutuhkan access point.Teknologi 3G dapat kita jumpai di smartphone yang telah menyediakan teknologi ini di dalamnya.Penyedia layanan 3G di luar negeri yaitu Cingular,Sprint,Verizon,dan T-Mobile.

9. Apa itu 4G. 4G 
merupakan singkatan dari istilah fourth-generation technology. Istilah tersebut digunakan mengacu terhadap standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari beberapa teknologi sebelumnya, yaitu 3G dan 2G. Sistem 4G mampu untuk menyediakan jaringan pita lebar ultra yang dapat digunakan untuk berbagai perlengkapan elektronik, seperti smartphone dan PC.

10. Apa itu 4G LTE. 

3GPP Long Term Evolution atau LTE merupakan sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi dengan berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmuka-nya ini tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah.

11. Gorilla Glass 

Secara harfiah berarti kaca gorila, adalah merek dagang terdaftar untuk lembaran kaca alkali-aluminosilikat yang diproduksi oleh pabrik kaca Corning asal Amerika Serikat. Kaca ini direkayasa dengan menggabungkan ketipisan, keringanan, dan daya tahannya terhadap kerusakan.

12. OGS 

Sebenarnya adalah dua istilah yang berbeda arti. OGS singkatan dari One Glass Solution. Ini adalah teknologi layar yang cukup baru dan banyak digunakan oleh smartphone masa kini. Dulu, teknologi layar sentuh memiliki 3 bagian part, pertama layar LCD, kemudian touch screen, dan lapisan paling atas kaca pelindung. Di antara LCD dan touch screen terdapat jarak berisi 'bantalan' udara. Teknologi layar yang lama ini cukup tebal, dan bantalan udara membuat cahaya dari LCD banyak tersaring, sementara cahaya dari luar mudal terpantul. 

13. Kamera VGA 

Diambil dengan kamera VGA
Yaitu kamera digital yang menyimpan gambar mereka secara langsung di dalam memori kamera atau ke kartu memori terpasang.Kamera yang memiliki sebutan VGA mengambil gambar yang memiliki resolusi 640, 480 X yang berarti bahwa sebuah gambar akan menjadi 640 pixel lebar 480 pixel panjang.

14. Kamera Mega Piksel

Diambil dengan kamera Megapiksel ( MP )

Piksel adalah unsur gambar atau representasi sebuah titik terkecil dalam sebuah gambar grafis yang dihitung per inch. Megapixel (Megapiksel) terdiri berasal dari gabungan kata “mega” yang menunjukkan satuan juta, dan pixel yang bermaksud titik elemen gambar (English = Picture Element).  Jadi megapixel berarti sejuta titik elemen gambar. Pixel (picture element) digunakan untuk mengekspresikan resolusi layer digital, 1 pixel adalah unit terkecil dari sebuah gambar. Sementara 1 megapixel terdiri dari 2^20 atau setara dengan 1,048,576 pixel. Secara teoritis jumlah megapixel yang lebih tinggi pasti dapat menghasilkan kualitas gambar yang bagus padahal kenyataannya masih ada faktor lain yang ikut menentukan kualitas gambar yaitu Sensor dan Lensa.

15.  Mp3

MPEG-1 Audio Layer 3 atau lebih dikenal sebagai MP3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil. Berkas ini dikembangkan oleh seorang insinyur Jerman Karlheinz Brandenburg. MP3 memakai pengodean Pulse Code Modulation (PCM). Sebuah file MP3 mempunyai bit rates mulai dari yang rendah yaitu 32kbits/detik hingga 320kbits/detik. Format File MP3 merupakan yang paling terkenal di kalangan umum, karena ukuran filenya yang kecil tapi dengan kualitas suara yang masih terjaga dengan baik. Selain itu format file MP3 banyak didukung pemutar-pemutar musik yang banyak beredar di pasaran, sehingga tak mengherankan bila MP3 lebih dikenal.

16. Mp4

MP4 adalah salah satu format multimedia, bisa juga disebut dengan MPEG-4. Pada umumnya format ini digunakan untuk merekam video serta audio, tetapi kemampuan lainnya adalah dapat menangani data lain seperti subtitle. Kelebihan lainnya adalah bisa dilakukannya streaming melalui internet. MP4 adalah nama extension/ekstensi untuk format MPEG-4.


Dan masih banyak lagi spesifikasi - spesifikasi lainnya yang terdapat pada smartphone. semoga dapat menambah wawasan kita semuanya.

Salam 
Gokugen


Sumber : Gokuge.net , Google Image .






No comments:

Post a Comment