Selamat datang di " Gokugen.Net " Selain kami menyajikan beberapa seputar informasi yang menarik lainnya,Kami juga menjual beberapa aneka ragam dan macam - macam produk kerajinan yang terbuat dari batu kayu fossil (Petrified Wood Art and Stone Wood Fossil) untuk bangku, meja, wastafel dan aneka ragam macam furniture atau kerajianan kayu fossil lainnya, dan masih banyak jenis dan ragam produk kami lainnya...Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami di mobile / Whatsapp +62812 100 444 53 via email andigokugen@gmail.com atau silahkan kunjungi kami pada kolom sektor " Kayu Fossil " untuk melihat beberapa contoh produk kami lainnya...."

Tuesday, May 31, 2016

Tips 7 Cara Menghilangkan Stress Di Tempat Kerja


Anda capek dengan kerjaan, urusan kerjaan di kantor tidak kelar – kelar, tidak betah di kantor, males masuk kerja dan lain – lain. Itu merupakan tanda stress di kantor. Penyebab stres di kantor bisa berbeda-beda. Ada yang akibat menunda pekerjaan, persaingan ketat sesama teman kerja, konflik dengan atasan, bertengkar dengan teman kerja, merasa demotivasi, kinerja kita tidak sampai target atau bosan menjadi karyawan namun takut keluar dari pekerjaan sekarang.


Apa pun penyebabnya, Anda bisa menghilangkan stres di tempat kerja. Cobalah satu atau lebih dari 7 cara mudah berikut :


 1. Bersyukur

Cara pertama untuk mengatasi stres adalah bersyukur. Menurut psikolog Robert Emmons, rasa syukur akan membangkitkan sistem kekebalan psikologis Anda sehingga kebal terhadap masalah kecil atau besar. Dengan kata lain, pikiran Anda akan positif sehingga yakin bahwa ada jalan keluar dari masalah yang membuat Anda stres.

Bagaimana bentuk bersyukur tersebut? Bentuknya dapat berupa:

Anda menyadari bahwa stres tersebut biasa dalam pekerjaan karena akan membantu Anda dalam menangani pekerjaan ke depan
Mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Anda sedang diuji untuk menjadi pribadi yang lebih baik

2. Sholat

Jika Anda seorang muslim, Anda dapat menunaikan sholat untuk mengatasi stres. Sewaktu sujud, aliran darah ke otak meningkat sehingga otak mendapat suplai oksigen yang cukup. Selain itu, sholat juga akan membuat Anda berdoa kepada Allah SWT. Dengan demikian, Anda akan lebih percaya diri karena Allah SWT akan memberikan pertolongan dalam mengatasi rasa stres yang sedang Anda hadapi.


3. Menghela nafas dalam-dalam

Cara lain adalah dengan menghela nafas dalam-dalam lalu buang lewat mulut Anda. Tutup mata dan pusatkan pikiran Anda pada nafas yang dibuang lewat mulut tersebut. Lakukan aktivitas ini selama 2-5 menit.

Menarik nafas dalam-dalam akan membantu Anda meredakan syaraf-syaraf otak yang tegang. Selain itu, aktivitas mudah ini dapat meningkatkan fokus Anda.

4. Tertawa
Jika pekerjaan membuat Anda stres, tertawalah. Anda dapat memaksakan diri tertawa atau tertawa melihat video lucu di YouTube. Apa pun penyebabnya, tertawa memicu pelepasan hormon endorfin dan dopamin di otak Anda. Kedua hormon tersebut berperan dalam membuat seseorang bahagia.

Jika Anda punya ruangan sendiri, Anda akan nyaman tertawa karena tidak mengganggu orang lain. Bagaimana jika Anda tidak punya ruangan sendiri dan ingin tertawa? Anda bisa melakukannya di toilet. Lihat diri Anda di cermin, lalu tertawa. Awalnya Anda akan merasa janggal, namun jika sering dilakukan Anda akan terbiasa.

5. Mendengarkan musik

Cara lain menghilangkan stres di tempat kerja adalah dengan mendengarkan musik atau lagu favorit Anda. Pilihlah musik yang santai dan lembut. Selain itu, supaya tidak mengganggu rekan yang lain, pakai headset saat Anda mendengarkan lagu tersebut.
Dengan mendengarkan lagu favorit Anda, Anda akan sedikit tenang dan rileks. Namun, harap ingat, jangan terlalu lama mendengarkan musik karena dapat saja atasan menegur Anda.



6. Istirahat sejenak

Stres dapat saja karena Anda terlalu capai bekerja. Oleh karena itu, lakukan istirahat sejenak dari tugas yang sedang dikerjakan. Anda dapat melakukannya dengan meminum kopi, ngobrol dengan teman, atau bermeditasi selama 5 menit.

Jika Anda lebih banyak duduk saat mengerjakan tugas kantor, berdirilah selama 5-10 menit untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Jika waktu makan siang telah tiba, pergilah ke kantin untuk makan siang. Fokuslah makan (jangan pikirkan pekerjaan dulu) sehingga makan siang Anda terasa nikmat.

7. Curhat kepada teman dekat

Anda punya teman dekat di kantor? Jika ya, Anda dapat curhat kepada dia tentang stres yang Anda alami. Dengan demikian, Anda tidak memendam masalah sendirian dan siapa tahu teman Anda tersebut bisa memberikan solusi akan stres Anda. Selain itu, dengan curhat kepada teman, Anda akan merasa beban sedikit terlepas dari pikiran Anda sekaligus mencegah berdiam diri yang biasa dimiliki penderita stres.

Menghilangkan stres di tempat kerja tidak serumit yang dibayangkan. Anda dapat memilih salah satu cara di atas yang sesuai dengan situasi dan kondisi Anda. Lakukanlah secara rutin sehingga Anda bisa bekerja dengan maksimal dan gembira.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…..

Sumber : google image, duniakariyawan .com, berbagi sumber


No comments:

Post a Comment