Sebagaimana kita ketahui bahwa knalpot adalah salah satu komponen yang paling berhubungan dengan ruang bakar yang mana pembuangan mobil seperti emisi atau udara setelah dari ruang bakar akan disalurkan (dibuang) melalui knalpot. Keadaan knalpot yang bersih bisa mencerminkan kondisi mesin mobil, sebaliknya keadaan knalpot yang berjelaga karena oli atau berwarna hitam atau terdapat kerak akan mencerminkan kondisi mesin mobil yang kurang baik.
Kenalpot Keluar Air |
Dilansir
Astraworld, sebenarnya, air yang keluar dari knalpot tidak mengindikasikan
bahaya. Air tersebut keluar karena proses kimia biasa. Penjelasannya
terkait dengan rumus kimia. Rumus kimia bahan bakar atau bensin (C8H18) dan
Oksigen (O2). Pembakaran sempurna mensyaratkan bahan bakar dan oksigen dalam
komposisi yang tepat, yaitu dilambangkan dengan formula 2C8H18 + 25O2. Formula
ini akan menghasilkan 16 CO2 + 18H2O.
Jika
memerhatikan rumus kimia terakhir, di sana tertera H2O. Nah, H2O inilah yang
disebut dengan air. Ia akan terlihat pada ujung knalpot, terutama pada saat
posisi mesin idling.
Selain
hasil dari proses pembakaran, bisa saja ada embun di dalam knalpot, karena
temperatur belum panas. Embun ini akan terbuang keluar karena dorongan gas
buang dari knalpot.
Pada
saat temperatur naik, air ini akan menguap sehingga tidak ada lagi air keluar
dari knalpot.
Maka
itu, tidak perlu cemas. Hal ini bahkan menandakan bahwa pembakaran berlangsung
sempurna. Campuran bahan bakar dan udara yang ideal, waktu pengapian dan bunga
api tepat, serta tekanan pembakaran alias kompresi cukup. Bila
ketiga hal ini tidak terpenuhi, akan sangat mungkin proses pembakaran tidak
berlangsung optimal.
Suhu
dingin
Pada
daerah bersuhu dingin, kejadian air menetes dari knalpot sering terjadi karena
sedikit banyak hal ini dipengaruhi oleh temperatur udara sekeliling yang
dingin. Untuk daerah beriklim tropis, saat musim hujan, potensi terlihatnya air
menetes dari knalpot semakin besar.
Setelah
hujan turun, otomatis temperatur udara akan turun. Air yang dihasilkan dari
proses pembakaran tadi sebagian tidak akan menguap karena temperatur dingin,
namun tetap menjadi butiran air yang keluar lewat knalpot. Sedangkan sebagian
lagi yang menguap, biasanya terlihat seperti asap tipis yang keluar dari
knalpot.
* Berbagai Sumber
No comments:
Post a Comment