Bagi pengusaha Penjualan Mobil yang serius mengembangkan bisnis Penjualan Mobil, mereka menyadari bahwa aktivitas pemasaran dan promosi usaha Penjualan Mobil harus dilakukan lewat berbagai cara untuk mencapai kesuksesan. ada beberapa cara mempromosikan usaha Penjualan Mobil agar usaha Penjualan Mobil tersebut mencapai kesuksesan.
Selain beranjak lebih jauh ada sedikit tentang penjelasan Strategi Pemasaran. Pemasaran (menurut Wikipedia) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia itu sendiri.
Pada umumnya kegiatan pemasaran
berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini
dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut:
1. Faktor mikro, yaitu perantara
pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yaitu
demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang
perlu diperhatikan untuk pemasaran (dari sudut pandang penjual):
1. Tempat yang strategis (place),
2. Produk yang bermutu (product),
3. Harga yang kompetitif (price),
dan
4. Promosi
yang gencar (promotion).
Dari sudut
pandang konsumen:
1. Kebutuhan dan keinginan
konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya konsumen (cost to the
customer),
3.
Kenyamanan (convenience), dan
4.
Komunikasi (comunication).
Saat ini ada
satu strategi pemasaran yang sedang gencar dilakukan oleh banyak orang, yaitu
berpromosi online melalui website. Anggaplah
website adalah markas besar untuk bisnis Penjualan Mobil Anda. Maka dengan
adanya website, melalui cara-cara promosi yang akan segera kami sebutkan ini,
Anda akan mempromosikan website sekaligus mempromosikan usaha Penjualan Mobil.
Dimana di website tersebut akan berisi produk, harga, layanan, alamat,
testimoni, dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Karena seharusnya website
akan mendukung bisnis Penjualan Mobil jika diintegrasikan antara promosi
offline dan online.
Berikut beberapa alasan mengapa
promosi website untuk Penjualan Mobil perlu juga dilakukan secara offline dan
online:
Tidak semua calon konsumen
potensial memiliki waktu untuk mencari website Anda, bahkan mungkin tidak mau
susah-susah mencari. Ketika website Anda diingat pertama kali, maka mereka akan
mencari cara untuk dapat mengakses website Anda dan jika beruntung, terjadilah
transaksi.
Tidak semua orang yang biasa
menggunakan internet sekalipun mengerti cara memanfaatkan search engine untuk
memenuhi kebutuhan mereka, bahkan mungkin tetap bertanya orang di sekitar
mereka. Sehingga, jika Anda beruntung website Anda-lah yang akan diakses, dan
terjadilah transaksi.
Kini untuk menaikkan ranking di
search engine sudah semakin ketat persaingannya sehingga kecil kemungkinan bagi
calon konsumen untuk menemukan website Anda. Jika website Anda sudah ada di
benak mereka, maka mereka tidak perlu lagi mencari apa yang mereka butuhkan
melalui search engine.
Hukum probablilitas untuk
pemasaran berlaku. Semakin banyak orang mengenal website Anda melalui berbagai
macam cara promosi, maka akan semakin banyak calon-calon konsumen yang akan
menjadi konsumen serius.
Dimana ada kesempatan bertemu
dengan kesiapan, disitulah keberuntungan berada. Ungkapan ini mungkin cocok
bagi Anda yang mempromosikan website melalui berbagai macam cara.
Promosi (menurut Wikipedia)
adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan
tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya
promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Tujuan promosi diantaranya adalah:
2. Untuk mendapatkan kenaikan
penjualan dan profit/laba
3. Untuk mendapatkan konsumen
baru dan menjaga kesetiaan konsumen
4. Untuk menjaga kestabilan
penjualan ketika terjadi lesu pasar
5. Membedakan serta mengunggulkan
produk dibanding produk pesaing
6. Membentuk citra produk di mata
konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
7. Mengubah tingkah laku dan
pendapat konsumen.
Dari ketujuh tujuan promosi
diatas, berikut adalah 51 teknik promosi website yang nantinya akan berisi
profil bisnis Penjualan Mobil Anda. Sehingga, begitu mereka mengakses website
Anda, Anda juga sekaligus mempromosikan usaha Penjualan Mobil Anda di website
tersebut.
Ketika melakukan aktivitas
promosi yang kami sebutkan dibawah, jangan lupa untuk selalu memberitahukan
alamat website Anda ke calon konsumen Anda.
1. Memasang
iklan baris di koran.
2. Memasang
iklan di buku telepon (yellow pages).
3.
Menyebarkan katalog promosi dan iklan di pusat perkulakan.
4. Mendekati calon konsumen lewat
telepon secara aktif.
5. Mendatangi langsung konsumen
yang potensial.
6. Berpromosi lewat surat (direct
mail).
7. Menjadi pembicara di seminar,
dan bicarakan hal-hal yang hanya dikuasai.
8. Menjadi
pembicara tamu acara dialog di radio.
9. Membuat data konsumen lengkap
dengan alamat dan kontaknya. Jaga terus agar tetap up to date.
10. Membangun citra perusahaan
dengan kop surat yang menarik.
11. Merancang brosur yang
menjelaskan keuntungan produk.
12. Mengembangkan cara pemesanan
lewat jarak jauh (delivery) seperti lewat surat, email, SMS, Telpon, BBM atau
media lainnya
13. Membuat tempat khusus untuk
memamerkan usaha Penjualan Mobil
14. Merancang pemasaran jarak
jauh (telemarketing)
15. Membuat logo perusahaan
sesuai dengan citra yang dibangun
16. Menerbitkan bulletin yang
berkaitan dengan usaha yang dimiliki, paling tidak 3 bulan sekali
17. Mencetak kalender dan
membagikannya sebagai souvenir.
18. Membuat kampanye sosial yang
berkaitan dengan bisnis Penjualan Mobil.
19. Membuat stiker dengan logo
dan slogan perusahaan dan membagikannya
20. Membuat kaos dengan logo dan
nama perusahaan lalu membagikannya.
21. Menjajaki promosi dengan
perusahaan lain yang bukan pesaing.
22. Memasang iklan di media cetak
mingguan atau bulanan seperti majalah, bulletin, atau tabloid.
23. Memanfaatkan promosi patungan
untuk menghemat biaya promosi
24. Berterimakasih pada konsumen
dengan mengirimi surat
25. Menjaga hubungan dengan
konsumen dengan mengirimkan kartu ucapan
26. Memasang profil perusahaan di
Koran dan majalah yang biasa di baca calon konsumen sasaran
27. Menyewa agen periklanan atau
humas (Public Relation)
28. Menyelenggarakan kontes atau
sayembara yang bersifat promosi
29. Menyelenggarakan seminar yang
khusus membahas produk atau jasa yang ada di perusahaan
30. Menyelipkan brosur, katalog
promosi atau bahan promosi lain ke dalam tagihan yang dikirim
31. Mencari calon konsumen di
pameran-pameran.
32. Mencari calon konsumen di
perkumpulan atau komunitas yang berhubungan dengan bisnis Penjualan Mobil
33. Menari
calon konsumen di seminar-seminar.
34. Mencari
konsumen potensial di majalah atau koran
35. Mengemas
brosur, daftar harga, dan surat menyurat dalam tempat khusus untuk konsumen.
36. Memasang
papan penunjuk yang mengarahkan ke kantor Anda.
37. Menyebarkan brosur yang
diselipkan di wiper kaca mobil.
38. Mencetak
kalimat bersifat promosi pada kertas promosi atau amplop.
39. Memasang logo dan nama
perusahaan di kendaraan perusahaan.
40. Membuat daftar produk,
lengkap dengan gambar.
41. Menyiapkan video tentang
profil perusahaan.
42. Menyiapkan proposal yang
ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen.
43. Menyiapkan contoh produk
gratisan.
44. Menyediakan kesempatan pada
calon konsumen untuk melihat-lihat proses produksi.
45. Mensponsori acara amal.
46. Menyebarkan kartu nama ke
kenalan, saudara, teman, atau siapa saja.
47. Membuat mug dan membagikannya
sebagai cinderamata
48. Membuat topi sebagai hadiah
49. Menerbangkan balon berisi
logo perusahaan pada acara-acara tertentu
50. Beriklan di media elektronik
seperti radio dan televisi
51. Pasang papan iklan di
reklame, halte bus, dan tempat-tempat strategis
Demikianlah kunci sukses promosi dan strategi penjualan mobil .Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi Anda dalam menjalankan usaha Penjualan Mobil. Apabila Anda tertarik, kami siap membantu membangun website untuk usaha Penjualan Mobil Anda.
*dari berbagai sumber
No comments:
Post a Comment